Categories

Banner Ads

Sabtu, 10 April 2010

SEBUAH PERSEPSI TENTANG RUH, QALBU, DAN NAFSU.

Apa perbedaan RUH, QALBU, DAN NAFSU?
kemukakan konsep manusia menurut beberapa ahli dan islam
ada berapakah daya energi manusia, uraikan?
Bagimana konsep insan kamil menurut anda?
Mengapa manusai harus beribadah?

Ruh: Merupakan substansi yang berada dalam diri manusia yang berasal dari tuhan sehingga ruh tersebut memiliki sifat suci yang abadi.
Nafsu: Adalah konponen yang ada dalam diri manusia yang memiliki kekuatan untuk mendorong melakukan dan menghindari sesuatu. Nafsu ini apabila tidak disertai akal dan qalbu maka nafsu tersebut cendrung pada hal yang bersifat negatif.
Qalbu: Adalah merupakan materi organik yang memiliki sistem kognesi yang berdaya emosi. Qalbu memiliki kemampuan untuk memperoleh pengetahuan yang berbrentuk realitas abstrak, seperti kasih sayang, kebencian, kegembiraan, kesedihan dan lain sebagainya. Qalbu memiliki kemampuan merasakan getaran perasaan yang ada dalam diri seseorang atau makhluk yang lain.

Jadi perbedaan atara ruh, nafsu, dan qalbu:
Kalau ruh merupakan substansi yang cendrung melakukan hal yang baik-baik sesuai dari mana dia berasal, yaitu tuhan
Kalau nafsu. merupakan substansi dalam diri seseorang yang mendorong melakukan sesuatu.
Kalau qalbu. Merupakan substansi dalam masusia yang berperan sebagai sntral dalam diri seseorang sehingga qalbu tersebut dianggap sebagai penentu terhadap baik buruknya seseorang. Kalau qalbu disetir oleh ruh, maka orang tersebut akan baik, tapi apabila qalbu tersebut disetir oleh nafsu maka orang tersebut akan jahat

Konsep manusia
Dalam Islam, manusia diciptakan dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada allah, menjadi khalfah di muka bumi ini sekaligus. Pengabdian tersebut dalam kata sempitnya adalah mengerjakan hal-hal diperintah dan menjahui segala larangan-Nya.
menjadi khalfah (mengemban amanbah allah) disini tidak lain adalah memberikan layanan terhadap makhluk-makhluk yang lain dengan cara menyebarkan kasih sayang terhadap sesama.
Terdapat tiga teori yang perlu diketahui mengenai asal usul kejadian manusia Pertama yaitu Teori Evolusi.
Teori ini pertama kali dikemukakan oleh seorang sarjana Perancis J.B de Lamarck yang menyatakan bahwa kehidupan berkembang dari tumbuh – tumbuhan menuju binatang dan dari binatang menuju manusia. Teori ini merupakan perubahan atau perkembangan secara berlahan – lahan dari tidak sempurna menjadi perubahan yang sempurna.
Kedua yaitu Teori Revolusi
Teori revolusi ini merupakan perubahan yang amat cepat bahkan mungkin dari tidak ada menjadi ada. Teori ini sebenarnya merupakan kata lain untuk menanamkan pandangan pencipta dengan kuasa Tuhan atas makhluk-Nya. Pandangan ini gabungan pemikiran dari umat manusia yang berbeda keyakinan yaitu umat Kristen dan umat Islam tentang proses kejadian manusia yang dihubungkan dengan keMaha Kuasaan Tuhan.
Ketiga yaitu Teori Evolusi Terbatas.
Teori ini adalah gabungan pemikiran dari pihak-pihak agama yang berlandaskan dengan alasan-alasan serta pembuktian dari pihak sarjana penganut teori evolusi. Seperti yang dikemukakan oleh Frans Dahler, yang mengakui bahwa tumbuh-tumbahan, binatang, dan manusia selama ribuan atau jutaan tahun yang benar-benar mengalami mutasi (perubahan) yang tidak sedikit.
Gaya energi dalam manusia.
Yang saya keahui gaya yang ada dalam diri manusia yaitu gaya jasmani yang keberadaannya bergantung pada hidup jasmani dan menimbulkan perbuatan badaniyah.
Daya hidup rohaniah yang menjadi penggerak dan pengatur bagi seluruh perbuatan-perbuatan pribadi

Konsep insan kamil.
Dalam diri manusia memiliki fitrah yang cendrung melakukan hal yang baik, untuk membentuk insal kamil tentunya harus mengedepankan daya rohaniah dari pada jasmaniah. Daya rohaniah masih menggantungkan diri pada sang khaliq.

Kenapa manusia harus beribadah?
Pada hakikaknya setiap manusia dapat merasakan bahwa dalam dirinya memang butuh akan janji-janji allah dimana kebutuhan hal yang diciptakan kapada yang menciptakan.

وما خلقت الجن والانس الا ليعبدوا

1 komentar: